Rabu, 20 Februari 2019

SI PAHIT DENGAN SEJUTA MANFAAT


Si pahit dengan sejuta manfaat

Pahit rasanya, namun segudang manfaat manis yang bisa dipetik dalam mengkonsumsi Momordica Charantia atau pare.
pare adalah sayur favorit dalam keluarga kami apalagi ditumis dengan ikan teri menambah lahap makan siang kami. apalagi putrikecilku.

walaupun masih tergolong anak-anak. ayuk syifa 6tahun 4 bulan menjadi penggila tumis pare.
kata ayuk syifa itu semua karena mimi yag pinter masaknya jadi sayur pare pahit pun bisa menjadi manis. hihii ayuk syifa bisa saja kalau membuat miminya tersipu malu 😊 selain itu juga tumis pare banyak manfaatnya didalam tubuh manusia makanya tumis pare menjadi favorit dalam keluarga kami.. apalagi cara pembuatan nya yang simpel bin mudah.

berikut manfaat pare untuk tubuh manusia adalah :
1. menurunkan tingkat gula darah.
Pare baik diikonsumsi penderita diabetes tipe-2. Polipeptida-p, yang dapat ditemukan pada buah, biji, dan jaringan buah Momordica Charantia (atau pare melon), ternyata mengandung efek hipoglikemik. Efek hipoglikemik adalah kadar gula darah yang rendah. Bagi penderita diabetes tipe.-2 yang mengkonsumsinya menunjukkan kadar gula darah berkurang.
2. anti virus
Buah dan biji dari pare telah terbukti mengandung khasiat anti virus. Pare mengaktifkan limfosit, yang merupakan bagian dari sel darah putih dalam sistem kekebalan tubuh. Benihnya mengandung protein antivirus yang disebut MAP30, yang telah terbukti dapat menghambat replikasi dan infeksi HIV. Alpha-momocharin yang dikandungnya juga terbukti memiliki aktivitas anti-HIV.
3 Anti kanker
Pare mengandung antioksidan. Mengonsumsi pare dengan teratur membantu mencegah sel kanker berkembang biak. Lektin yang diisolasi dari bijinya terbukti memiliki khasiat anti kanker. Lektin terlihat menghambat sintesis protein dan DNA pada limfosit leukemia. Ekstrak dari protein pare diklaim bisa menghambat pertumbuhan tumor prostat dan pada beberapa penelitian berpotensi melawan sel kanker lain.
4. menyembuhkan bisul
Ekstraknya tidak hanya menyembuhkan bisul, tapi juga terlihat memiliki efek penghambatan pertumbuhan. Penelitian ini juga berfokus pada bisul yang terbentuk dengan indometasin dan diethyldithiocarbamate, dimana ekstrak pare juga menunjukkan efek positif.
5. melawan obesitas
Pare meningkatkan aktivitas enzim AMPK. Protein ini memungkinkan penggunaan glukosa lebih banyak, dimana glukosa akan berubah menjadi pati dan energi bagi tubuh untuk digunakan. Karena penggunaan AMPK yang meningkat, tubuh mengalami kekurangan glukosa dan tubuh menggunakan lemak dan bukan untuk energi. Penggunaan lemak ini untuk energi akhirnya menyebabkan penurunan berat badan.

wuih walaupun sayur pare pahit.. tapi ia mempunyai segudang manfaat yah. yuk bunda-bunda konsumsi pare dari sekarang biar kita bisa merasakan segudang manfaat sayur pare.

#GenerasiMaju
#MombassadorSGMEksplor
#SGMEksplor

Tidak ada komentar:

Posting Komentar